Minggu, 10 Maret 2019

Yuk, Intip 5 Masalah yang Sering Terjadi Ketika Pasang kamera CCTV!

BY IN , No comments


Yuk, Intip 5 Masalah yang Sering Terjadi Ketika Pasang kamera CCTV!

Ketika pasang kamera CCTV, sebagian orang mungkin tidak terlalu memperhatikan apa yang menjadi permasalahan setelah kamera terpasang. Sehingga, mereka akan cepat mengambil kesimpulan kamera CCTV tersebut rusak dan harus segera diganti.
Namun, tahukah Anda jika kamera CCTV tidak diperhatikan bisa berdampak pada kualitas gambar yang dihasilkan? Untuk itu setelah pasang kamera CCTV Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar bisa segera mencari solusinya.
1.      Gambar bergelombang (waving)

Hasil dari gambar rekaman berupa gambar yang bergerak-gerak atau lebih tepatnya bergoyang-goyang. Biasanya hal ini bisa saja terjadi karena interferensi dari frekuensi yang rendah. Misalnya saja dari PLN frekuensi listrik hanya berada pada tegangan 220V/50HZ.

Tidak hanya itu, faktor lain yang dapat mempengaruhi adalah faktor ground loop yang sering terjadi pada instalasi kabel coaxial yang panjang. Ground loop ini merupakan problem yang sering terjadi yang dapat menyebabkan sinyal video menurun dan menjadi lemah.

Sehingga, untuk mengatasinya dapat digunakan ground loop isolator pada kabel coaxial. Benda ini dapat dikatakan sebagai aksesoris CCTV yang dapat berfungsi untuk menetralisir gangguan. Selain itu juga dilengkapi dengan built in video sehingga dapat membantu dan mendukung signal video menjadi kuat.

2.      Gambar meteorit
Ketika pasang kamera CCTV, sewaktu-waktu gambar yang terekam kamera dapat menjadi seperti meteorit. Dinamakan demikian karena miring seperti meteor ataupun komet yang akan menghiasi layar monitor.

Salah satu penyebabnya bisa saja terjadi karena induksi dari motor-motor listrik seperti dinamo mesin, generator, bor, dan lain-lain.

3.      Gambar silau
Masalah ini juga kerap terjadi yang mengakibatkan hasil gambar menjadi tidak jelas karena mendapat cahaya yang berlebih. Ketika kamera CCTV menyorot atau menangkap objek yang memiliki cahaya yang besar ataupun benda yang dapat memantulkan cahaya, maka dapat dipastikan hasil gambar menjadi buruk.

Sebut saja lampu, sinar matahari, kaca, dan permukaan yang berwarna putih lainnya. Hal inilah yang menyebabkan kamera menjadi tidak mampu menangkal cahaya berlebih yang dipantulkan objek yang ditangkapnya.

Dengan demikian, pemasangan kamera CCTV harus memperhatikan objek-objek di sekitarnya yang dapat berpotensi mengganggu sistem kerja kamera CCTV agar dampar berfungsi dengan baik.

4.      Gambar bergaris
Hasil gambar pada CCTV yang terlihat seperti bergaris-garis bisa saja dikarenakan gangguan frekuensi yang tinggi. Sebut saja misalnya lokasi dari pemasangan kamera CCTV ini berdekatan dengan pemancar sinar radio, citizen band, maupun radio amatir.

Tiap-tiap gangguan ini memiliki gejala dan ciri-ciri yang berbeda. Namun, perlu diketahui apabila gangguan itu terjadi berlanjut dan terus menerus, maka dapat dipastikan gangguan itu terjadi karena lokasi pemasangan kamera CCTV yang berdekatan dengan pemancar siaran radio. Dan jika gangguan itu hanya muncul sesekali maka bisa saja karena citizen band ataupun radio amatir.

5.      Gambar pudar
Kamera CCTV yang menangkap gambar dengan hasil yang berbentuk pudar biasanya disebabkan dari kabel yang digunakan memiliki kualitas yang tidak bagus. Hal ini biasanya ditandai dengan warna ditepi objek terlihat lemah dan memudar.
Untuk itu, perlunya memperhatikan jenis kabel yang akan digunakan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan agar kamera CCTV dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan gambar yang berkualitas baik.
Selain itu, gambar yang memudar juga dapat dikarenakan kabel yang panjang, power supply yang lemah, hingga sambungan konektor yang kurang baik.

Pada saat pasang kamera CCTV, tetap harus diperhatikan dari segi komponen maupun pengaturan pemasangannya. Demikianlah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada CCTV. Dengan mengetahui permasalahan-permasalahan tersebut, setidaknya Anda bisa melakukan antisipasi maupun mencari solusi apabila permasalahan tersebut muncul.
           

0 komentar:

Posting Komentar