Minggu, 19 Mei 2019

Ciri Aplikasi Peminjaman Online yang Kredibel dan Aman Digunakan

BY IN , No comments


Ciri Aplikasi Peminjaman Online yang Kredibel dan Aman Digunakan

Dibanding aplikasi peminjaman online legal dan aman digunakan seperti Kredivo, nyatanya saat ini lebih banyak aplikasi yang ilegal dan beroperasi tanpa izin. Karena tanpa izin, aplikasi yang ilegal ini umumnya akan semena-mena dalam menerapkan suku bunga dan juga tata cara penagihan pinjaman.

Akibatnya, yang jadi korban adalah orang-orang yang menggunakannya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan aplikasi peminjaman online, perkara kredibilitas dan keamanan adalah hal yang wajib dicek dan nggak boleh ditawar-tawar lagi. Meski kepepet dan butuh banget, usahakan untuk tetap mengecek daripada kena masalah di kemudian hari.

Poin apa aja sih yang sebenarnya bisa jadi tanda atau ciri bahwa sebuah aplikasi pinjaman online termasuk kredibel dan aman digunakan? Nah berikut ini ulasannya untuk kamu.

Tersedia & Bisa Didownload di Google Play Store atau App Store

Pada Android, Google Play Store adalah media khusus di mana sebuah aplikasi resmi bisa didownload. Sementara pada iOS, ada App Store, sebagai media khusus untuk mendownload aplikasi untuk berbagai kebutuhan. Semua jenis aplikasi, termasuk aplikasi pinjaman online, wajib didaftarkan oleh perusahaan baik di Google Play atau App Store. Sebab kedua media atau layanan digital ini memiliki kriteria khusus bagi setiap developer atau perusahaan yang ingin mendaftarkan aplikasinya. Hati-hati jika kamu harus mendownload aplikasi pinjaman online lewat link khusus dan aplikasinya tidak tersedia di Google Play atau App Store. Selain risiko keamanannya tinggi, aplikasi tersebut bisa dikatakan memiliki status yang ilegal.

Ada Simulasi Pinjaman Beserta Angsuran

Jangan sampai ada biaya tersembunyi yang muncul dan merugikan di kemudian hari. Apabila saat mendaftar dan mengajukan pinjaman, fintech tidak memiliki fitur simulasi pinjaman yang jelas, maka sebaiknya jangan dilanjutkan prosesnya. Sebab, jumlah angsuran beserta suku bunga adalah hal paling krusial dalam pinjam-meminjam. Sebuah perusahaan fintech atau pinjaman online yang baik tentu akan memberikan simulasi dan semua transparansi biaya angsuran di awal sebelum nasabah menyetujui kontrak pinjaman.

Memiliki Kebijakan Privasi dan Jaminan Perlindungan Data Nasabah

Sudah selayaknya, aplikasi peminjaman berbasis online menggunakan teknologi yang aman, memiliki kebijakan privasi yang jelas, serta ada jaminan perlindungan terhadap  data nasabahnya. Ini karena data-data yang diberikan atau diunggah nasabah adalah data yang sangat rahasia dan sensitif. Apabila tidak ada kebijakan yang jelas terkait teknologi yang digunakan serta jaminan keamanan privasi, maka data-data nasabah dikhawatirkan akan disalahgunakan di kemudian hari.
Terdaftar Pada Situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Sebagai lembaga yang mengatur dan mengawasi semua kegiatan di sektor jasa keuangan, sebuah fintech wajib terdaftar pada OJK. Sebab, OJK juga berperan sebagai wadah sekaligus payung hukum yang akan melindungi kepentingan nasabah dari aplikasi pinjaman online. Jangan gunakan fintech yang tidak terdaftar dalam situs resmi OJK, karena itu artinya fintech tersebut ilegal dan tidak memiliki izin. Ketika fintech mendaftar pada OJK, ada serangkaian proses evaluasi dan uji kelayakan yang harus dilalui fintech. Jika lolos, maka fintech tergolong aman & kredibel untuk digunakan masyarakat.

Kredivo: Aplikasi Peminjaman Online Berbunga Rendah dengan Limit Pinjaman s.d Rp 30 Juta

Kredivo adalah aplikasi peminjaman online yang sudah memenuhi kriteria di atas. Dengan kata lain, Kredivo sudah cukup kredibel dan aman untuk digunakan. Kalau fintech lain cuma bisa memberikan limit Rp 1 juta hingga Rp 3 juta dan dengan suku bunga 1% per hari, limit kredit yang bisa diberikan Kredivo maksimal adalah Rp 30 juta dengan suku bunga hanya 2,95% per bulan. Suku bunga ini bisa dipastikan adalah yang paling rendah dibanding aplikasi peminjaman online lain yang bisa mencapai hingga 30% per bulan.

Nggak cuma untuk pinjam uang, limit kredit yang kamu dapat dari Kredivo juga bisa digunakan untuk belanja cicilan di merchant online yang sudah menjadi partner resmi dengan Kredivo. Total ada 250 e-commerce atau merchant online yang bermitra dengan Kredivo mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan JD.id.  Cukup belanja minimal Rp 1 juta, dan berlaku untuk akumulasi beberapa barang sekaligus, kamu sudah bisa nyicil pakai Kredivo dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan, tanpa dp, dengan suku bunga 2,95% per bulan.

Kalau mau menggunakan fasilitas cicilan sekaligus pinjaman tunai, pastikan kamu memilih  akun Premium ketika daftar di aplikasi Kredivo. Syaratnya sederhana: kamu wajib merupakan WNI berusia minimal 18 tahun ke atas, berpenghasilan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Selanjutnya, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, kemudian daftar akun Premium. Nggak perlu pakai slip gaji, cukup hubungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilanmu dan juga akun e-commerce yang sudah ada riwayat transaksinya sebagai bukti domisili. Misalnya, akun Tokopedia.

Kalau pendaftaranmu sudah diapproved, kamu akan menerima sejumlah limit kredit. Artinya, kamu bisa langsung menggunakan limit tersebut sesuai kebutuhan lewat berbagai fasilitas kredit yang tersedia di Kredivo. Kamu juga bisa beli tiket pesawat rute domestik atau internasional, beli pulsa, paket data, token PLN, bayar tagihan BPJS, PDAM, langsung lewat aplikasi dan memotong langsung dari limit kredit yang kamu punya.


0 komentar:

Posting Komentar